#HAPPYBELITUNG

Travel Agency

Pulau Belitung terkenal dengan hasil tambang timah dan hasil perkebunan lada putih, karet dan kelapa sawit. Pulau Belitung dibatasi oleh laut cina selatan di sebelah Utara,  sebelah selatan dengan Laut Jawa, sebelah timur dengan Selat Karimata dan sebelah barat dengan Selat Gaspar.

Dengan posisi pulau yang sangat strategis, dan dengan adanya bandara internasional yang mulai dibangun. Pulau Belitung bisa menjadi salah satu pintu masuk wisatawan ke Indonesia.

Sekilas mengenai Belitung

Belitung merupakan pulau kecil di samping Pulau Bangka yang merupakan 1 provinsi yaitu Provinsi Bangka Belitung dengan luas keseluruhan sekitar 4.800 km². Pulau Belitung sendiri terdiri dari 2 kabupaten yaitu: Kabupaten Belitung dengan ibukota Tanjungpandan dan Kabupaten Belitung Timur dengan ibukota Manggar.


Belitung mulai terkenal sejak film Laskar Pelangi. Film yang diangkat dari novel dengan judul sama ini tidak bisa dipungkiri membuat Belitung menjadi pulau yang dilirik orang. Pulau yang dulunya cuma 1 titik di peta, sekarang mulai dilihat orang. 

Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta (45 menit menggunakan pesawat terbang), sekarang Belitung menjadi alternatif tempat wisata dalam negeri bagi masyarakat Indonesia. Andrea Hirata (penulis Laskar Pelangi) pantas mendapat kredit lebih untuk pengaruh yang diberikan dari suksesnya film Laskar Pelangi.

Pantai dengan pasir putih menyilaukan dan air laut yang jernih, batu granit raksasa yang tidak ditemukan di tempat lain membuat Pulau Belitung mempunyai pantai dengan karakter yang berbeda dengan pulau lain di Indonesia.  Tak lupa batu "Satam" (meteorite) yang cuma ada di Belitung. 

Beberapa maskapai penerbangan telah melayani rute ke Belitung seperti Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air dan Wings Air. Sejak tanggal 18 Agustus 2019, Air Asia resmi membuka penjuala rute Belitung ke Jakarta dan Belitung ke Kuala Lumpur. Penerbangan akan dimulai per 01 Oktober 2019. Rute ke Jakarta ada setiap hari, sedangkan ke Kuala Lumpur seminggu empat kali. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi situs resmi Air Asia.

Hotel-hotel yang semakin banyak dibangun juga memberikan semakin banyak alternatif pilihan berwisata ke Belitung.

Pulau Belitung terus berbenah diri menyambut dunia pariwisata yang masih luas. Bandara internasional yang sudah dimulai diharapkan bisa menjadi modal dan pintu masuk turis asing ke depannya.